Artikel Terbaru

Cara Diet Sehat Paling Penting

Lianitarot - Diet sehat adalah diet yang ditujukan untuk mengurangi berat badan tanpa meninggalkan aspek kesehatan, aspek gizi serta nutrisi, dan juga rendah lemak dari makanan yang dikonsumsi. Berbeda dengan diet ketat yang hanya mengedepankan hasil yang diperoleh secara instan, hasil instan belum tentu sehat bagi tubuh karena kehilangan berat badan secara signifikan. Dengan diet sehat, Baca : Cara Sehat Menurunkan Berat Badan dengan cepat dan Alami;  anda berarti harus mengatur pola makan dengan benar dan tepat, semua makanan yang dikonsumsi harus mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi selama sehari.

Berikut adalah tips Cara Diet Sehat Paling Penting yang bisa anda jadikan referensi :

diet sehat
Diet Sehat

Cara Diet Sehat

1. Makan Teratur
Meskipun anda  diet anda harus tetap makan teratur agar anda terhindar dari makan makanan yang berlebihan karena rasa lapar. Usahakan makan tepat pada waktunya, jika perlu timbanglah makanan yang akan anda konsumsi. Membiasakan diri untuk makan teratur akan sangat berguna bagi program diet yang anda lakukan.

2. Sarapan Pagi
Jangan sampai anda melewatkan sarapan pagi, sarapan pagi adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan setiap hari. Sarapan akan menjadi sumber energi utama untuk aktivitas di pagi dan siang hari, sehingga sarapan dapat mencegah anda makan lebih banyak saat siang ataupun malam harinya. Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi dan mineral untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda, seperti susu dan telur serta buah-buahan untuk memperlancar sistem pencernaan anda. Sehingaa jangan sampai meninggalkan sarapan pagi saat sedang diet.

3. Konsumsi Makanan Berserat
Untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh anda wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, serat juga akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Serat banyak terdapat pada jenis sayur dan buah-buahan, selain mendapatkan serat dari sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi anda juga akan mendapatkan mineral serta vitaminnya. Vitamin dan mineral berguna untuk memenuhi nutrisi tubuh, sebab tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Sehingga disarankan untuk mengkomsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat anda dan juga vitamin serta mieral.

4. Kurangi lemak Jenuh
Saat diet anda juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Akan tetapi bukan berarti anda tidak mengkonsumsi lemak jenuh sama sekali, tapi hanya menguranginya saja sebab lemak jenuh juga diperlukan oleh tubuh. Jadi pilihlah makanan yang mengandung lemak jenuh dari makanan yang sehat seperti kacang-kacangan, keju, susu, telur, dan bahan alami yang lain, hindari lemak dari minyak goreng karena mengandung lemak jahat. Anda bisa mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh anda.

5. Konsumsi Air Putih
Air putih menjadi bagian penting dalam diet, dengan mengkonsumsi air putih bisa membantu memperlancar sistem pencernaan anda serta dapat membantu menurunkan berat badan. Air putih akan menjaga kesegaran badan, mencegah kekurangan cairan tubuh dan juga menjaga elastisitas dari sel tubuh anda. Konsumsilah air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya untuk mendapat manfaat yang maksimal dari air putih, minum air putih sebelum makan juga efektif untuk mengurangi porsi makan.

6. Cara Mengolah Buah dan Sayur
Yang harus menjadi perhatian anda selanjutnya adalah cara mengolah makanan yang akan anda makan utamanya sayur dan buah-buahan. Jika buah-buahan dapat anda makan langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu, atau bisa dibuat menjadi jus tetapi jangan menambahkan gula pada jus karena akan mengurangi manfaat dari jus tersebut. Anda  bisa mengolah sayuran terlebih dahulu baik direbus ataupun dikukus, hindari mengolahnya dengan cara ditumis karena akan mengurangi nilai gizinya. Dan jangan merebus sayuran terlalu lama karena beberapa sayuran akan hilang kadar gizinya bila direbus dengan suhu terlalu tinggi. Atau anda bisa membuatnya menjadi salad buah dan sayuran.

7. Olahraga Teratur
Olahraga adalah hal terpenting yang harus diperhatikan selama program diet. Dengan berolahrga  kalori akan terbakar dalam jumlah yang banyak. Lakukan olahraga yang ringan dan tidak perlu yang terlalu berat, tergantung dengan kondisi fisik dari tubuh anda. Lakukan olahraga kurang lebih 30 menit setiap hari seperti jogging, jalan,, renang, atau sekedar pemanasan atau streching, anda juga bisa melakuakn olahraga berat bila perlu seperti push up, sit up, angkat beban dan sebagainya. Dengan berolahraga secara teratur dapat memaksimalkan hasil dari program diet yang anda lakukan. Dan jangan malas untuk berolahraga karena olahraga juga penting untuk kesehatan tubuh, Baca : Dampak Malas Berolahraga; untuk referensi tambahan untuk anda.

Dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anda bila perlu selama program diet anda berlangsung agar kondisi kesehatan tubuh anda juga terpantau.

Sekian artikel mengenai Cara Diet Sehat Paling Penting yang perlu anda perhatikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih atas kunjungan anda di Lianitarot dan Indohos.Com, baca juga tips kecantikan lainnya untuk menambah wawasan anda seputar kecantikan.

0 Response to "Cara Diet Sehat Paling Penting"